1:1 Traffic Exchange
Get Paid To Click

Script Bisnis Online Afiliasi Membership bisnis online
Strategi & trik Google Adsense
Pelajari bagaimana Anda Bisa Dapat US $1,300 Dalam 1 Bulan Lewat Google Adsense!

Viral Link Strategy
Iklan Viral - mau dipromosikan oleh 2,000,000 orang secara gratis..?? Link Anda akan ditampilkan dalam halaman semua orang dalam jaringan - GRATIS!!
Bangsa Blogger
Peluang Bisnis Online!
STOP! Sekarang Anda Bisa Menghasilkan Uang Dengan Mudah Dan Melimpah Dari Berbagai Bisnis Sederhana Di Internet!
Klik Di Sini!

Tuesday, March 24, 2009

SEO versus iklan

Search Engine Optimization atau disingkat SEO menjadi bidang pengetahuan yang banyak diburu para webmaster - karena di bicarakan di sini, sebut saja blogger. Yaitu suatu metode optimisasi halaman-halam web agar lebih mudah terindex oleh Search Engine (untuk selanjutnya disebut SE - kayak bahasa hukum aja)

Benar juga, ketika sebuah halaman web terindex dan mendapat peringkat di SE Page Result (SERP aja yah biar cepet), maka si blogger/webmaster boleh sedikit bernafas lega karena berarti biaya promosi dapat dikurangi. Artinya, dengan sendirinya SE sudah mejadi alat marketing yang mendatangkan pengunjung gratis.

Ngomong2, memangnya ada pengunjung yang tidak gratis?

Tentu saja. Ketika sebuah website bernilai komersial, maka si pemilik tentu akan berusaha mendatangkan pengunjung (traffic) dengan memperjuangkan investasinya untuk membeli periklanan online. Ada yang membayar periklanan PPC macam Google adwords, ada yang rela menghabiskan puluhan juta untuk menempelkan secuil banner di situs-situs portal berita, dan sebagainya.

Nah, ketika isi konten dari sebuah web terindex dan menghasilkan traffic cukup tinggi, maka itu otomatis akan memangkas biaya periklanan. Yang biasanya menghabiskan uang sampai 10 Juta per bulan, SREP dapat memangkasnya hingga menghemat 90%. Walau begitu, untuk menjadikan halaman terindex dan mendapat posisi terbaik di SREP rupanya bukan pekerjaan mudah. Apalagi jika keywords yang diperjuangkan merupakan keywords populer dan memiliki banyak pesain.

SEO yang ahirnya menjadi mahal

Tidak sedikit loh, internet marketer yang menjual bisnisnya lewat internet, berjuang habis-habisan untuk tiga huruf keramat yang menjadi pemikiran banyak orang, yaitu S, E dan O. Memahami algoritama mesin - ya si OM Google itu - terkadang justru mengebiri kreatifitas seorang blogger/webmaster (penyedia konten).

Orang yang tadinya fokus pada minatnya di bidang properti (misalnya), kemudian hanya karena SREP tidak pernah menampakkan nama websitenya, kemudian SEO mengambil alih fokusnya yang ahirnya si ahli properti berjuang untuk menjadi programmer, yaitu menghabiskan waktu untuk membedah isi otak mahluk serangga maya buatan Om saya itu.

Saking asyiknya dengan fokus baru, tidak sedikit pula orang rela membayar jasa-jasa SEO, ebook, dan aneka tools untuk membantu membesarkan dadanya ketika nama websitenya berada di urutan 1 SREP. Sayang juga yah...?

Padahal, SEO dapat dilibas habis seketika dan "thek sek" (ngarti ngga sama bahasa tumbuhan..?) tak berdaya jika dilawan dengan pariwara, advertising, alias periklanan. Mau saya buktikan?

Sekarang mari memikirkan kerjaannya stasiun TV swasta atau media surat kabar. Melihat peluang dunia maya dan menyadari semakin kritisnya keadaan bumi - yg menurut prediksi saya kelak tidak ada lagi media cetak/kertas - maka mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan dengan sangat cepat membuat portal berita bernilai Ratusan Juta yang langsung populer seketika.

Ayo tebak..., OkeZone butuh SEO atau tidak?

Nah..., Anda capek bacanya, saya capek nulisnya. Oke.. rehat sebentar. Cerita yang entheng-entheng aja dulu yah..

Bangsa Blogger ketemu idenya saat saya memikirkan salah satu stasiun TV ternama. Mengapa popularitas akan mempengaruhi nilai dari sebuah website atau blog. Hanya karena mereka bisa mengiklankan website-nya sendiri di stasiun TV-nya sendiri. Dalam 1, 2 dan 3 hari, seluruh masyarakat Indonesia langsung mengenalnya dan traffic langsung meroket -- sama sekali ngga da urusan sama SEO.

Kemudian salah satu keputusasaan saya dengan SEO ahirnya melahirkan sebuah nama blog yaitu bangsa blogger. Oke.., siapa manusia yang tiba-tiba ngetik di Google kata bangsa blogger?

Kata "bangsa blogger" bukan kata komersial (banyak dicari orang) yang itu lahir dari otak saya sendiri dan tidak ada orang lain mengetiknya, sehingga, secara SEO, saya pasti menang. Trus apa manfaatnya jika tidak satupun manusia online untuk mengetik kata bangsa blogger di kotak SE?

Yah.. puji syukur kepada Tuhan.
Di dalam keputusasaan itu pun Tuhan masih menyisipkan suatu kekuatan. Dan secara sengaja ketika kita berani melakukan apa yang baru saja melintas di benak kita, maka ... Do it!.. and always do something worthy.

Begitulah..., saya tidak lagi perlu SEO jika keunikan nama bangsa blogger membuat blog ini tetap di urutan pertama. Dan ketika tidak ada seorang web surfer mencari nama bangsa blogger di kotak SE, ide kecil yang telah Tuhan sisipkan di antara keputusasaan saya, akan mendatangkan traffic dengan cara tersendiri. Yaitu, mendatangkan traffic dengan membantu orang lain mendapat traffic.

Jadi, bagaimana menurut pendapat Anda jika SE tidak mengantarkan traffic ke blog Anda sementara angka alexa Anda semakin lama semakin kecil, yang artinya traffic rank Anda semakin membaik?

Perbedaannya dengan layanan PPC adalah,
Anda menambah anggaran untuk membeli iklan PPC demi menambah traffic, sementara bangsa blogger mengurangi anggaran iklan PPC tapi tetep menambah traffic.

Smile to All.




9 comments:

  1. makin bagus...... hasil dari jurus SEO..
    maka akan bnyak yg nglirik utk masang iklan...
    tul ga ya???

    ReplyDelete
  2. Kenapa friendster, yahoo, google menjadi sebuah web yang besar ???? karena mereka juga menyediakan layanan gratis buat orang - orang dan semoga bangsa blogger yang memberi traffick gratis kepada kita akan bisa menjadi besar seperti mereka, amin :)

    ReplyDelete
  3. Waduhh... amien boss!!!
    semoga menjadi kenyataan yah. Sukses buat semua aja. Let's blogging with smile ^_^

    ReplyDelete
  4. Oya om..makasih..cara kerja bangsa blogger benar2 yahood..tingkatkan terus om !!!!

    ReplyDelete
  5. Mau nyobain ah kata kunci bangsa blogger, hehe, bisa gak ya bersaing sama blog kamu yang make judul itu ? iseng bos

    ReplyDelete
  6. patibumirocknroll, thx sama2.. keep nge-rock n roll..

    rayearth2601, silahkan saja, makasih nama saya mau dibikin populer, hihihihihih :D

    ReplyDelete

 

bottom

 
No images 3 columns blog templates